Loading...
Friday 17 June 2011

makalah ecommerce



commerce of Electronic or e-dagang ( English: Electronic Commerce, also e-commerce) is spreading, purchasing, sale, marketing of goods and service [of] [through/ passing] electronic system of like internet or television, www, or other computer network. E-Dagang can entangle to transfer the electronic fund, transfer of electronic data, automatic inventory management system, and automatic data collecting system.
Industry of information technology see the this activity e-dagang as application and applying from e-bisnis ( e-business) of related to commercial transaction, like: transferring fund in electronic, SCM ( supply chain management), e-pemasaran ( e-marketing), or marketing online ( online marketing), process of transaction online ( online transaction processing), transfer of electronic data ( electronic of data interchange / EDI).


1.PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk. Suatu produk yang dionlinekan melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produknya di kenal di seluruh dunia.
Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh beberapa perusahaan yaitu electronic commerce atau yang lebih dikenal dengan E-Commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui media internet. E-Commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet.
Kehadiran internet telah memberikan keyakinan akan pentingnya teknologi di dalam pencapaian tujuan finansial suatu perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce. dan E-Commerce merupakan salah satu keunggulan baru dari internet yang kian digemari oleh banyak orang.
1.2 Perumusan Masalah
Toko yang mendistribusikan berbagai macam pakaian ini, mengalami kendala dimana wilayah–wilayah di luar daerahnya, tidak dapat mengetahui produk–produk yang akan dipasarkan baik trend masa lampau maupun masa kini. Besarnya biaya pelanggan dalam meninjau produk, keterbatasan waktu juga menghambat proses transaksi. Hal ini merupakan salah satu faktor penghambat kemajuan toko ini dan keuntungan yang seharusnya diperoleh.
1.3 Keaslian
Menyatakan dengan sebenarnya bahwa penulisan makalah berdasarkan hasil penelitian, pemikiran dan pemaparan asli dari penulis sendiri, baik dari naskah laporan maupun kegiatan Pembuatab web yang tercantum sebagai bagian dari Laporan makalah ini. Jika terdapat karya orang lain, penulis akan mencantumkan sumber secara jelas.
1.4 Manfaat e-commerce
  1. Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  2. Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  3. Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
1.5 Tujuan Penelitian
Sistem yang akan dibuat menggunakan program editor web. Tujuan penelitian ini sangat diharapkan dalam membantu toko ini mengurangi kesulitan baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi toko itu sendiri sehingga lebih aman, cepat dan praktis
1.6 Batasan Masalah
Dalam perancangan sistem ini dalam mencapai sasaran dan tujuan yang diharapakan, maka batasan permasalahannya sebagai berikut:
1. Sistem penjualan dan pembelian berbasis Online.
2. Proses administrasi lebih cepat dalam hitungan detik.
3. Seluruh produk yang ditawarkan ditampilkan di halaman link produk.
4. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam sistem ini adalah dreammaver
Dengan pembatasan masalah diharapkan agar tidak menyimpang dari topik yang terdapat dalam tugas akhir ini. Sedangkan hal lain yang ada hubungannya dengan masalah ini adalah sebagai pendukung saja, sehingga pembahasan yang ada semakin jelas.
2. Tinjauan Pustaka dan Landasan Teori
2.1 Tinjauan Pustaka
Konsep Dasar eCommerce
Menurut Kalakota dan Whinston mendefinisikan e-commerce dari berbagai perspektif yaitu:
Dari perspektif komunikasi, e-commerce adalah pengiriman informasi,jasa/produk, atau pembayaran melalui jaringan telepon atau jaringan komunikasi lainya.
Dari perspektif pelayanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Dari perspektif bisnis, e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow.
Dari perspektif online, e-commerce adalah menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta member informasi melalui internet atau jaringan komunikasi lainnya.
Selanjutnya Yuan gao dalam Encyclopedia of information science and technology(2005) , menyatakan e-commerce adalah “Penggunaan jaringan computer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial . Kemudian di dalam website E-commerce Net, e-commerce di definisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan atau jasa melalui internet.”
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (computer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.
Sedangkan Onno W. Purbo dan Aang Wahyudi yang mengutip pendapatnya David Baum, menyebutkan bahwa: “e-commerce is a dynamic set of technologies, aplications, and business procces that link enterprises, consumers, and communities through electronic transaction and the electronic exchange of goods, services, and information”. Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Contoh kegiatan e-commerce ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Ada beberapa kategorisasi e-commerce:
  1. Pure vs. Partial EC
tergantung dari derajat digitasi (transformasi dari fisik ke digital):
produk (jasa) yang dijual;
proses bisnis; dan
agen penyalur (dengan digital intermediary)
  1. Perusahaan Brick & Mortar
Perusahaan ini menerapkan model “ekonomi lama” yang melakukan sebagian besar aktivitas bisnisnya secara manual (off-line), menjual produk fisik melalui agen penyalur fisik.
  1. Perusahaan Virtual (pure-play)
Perusahaan ini semua aktivitas bisnisnya dilakukan secara online.
  1. Perusahaan Click & Mortar
Perusahaan ini melakukan aktivitas EC, tetapi aktivitas bisnis utama dilakukan di dunia fisik
  1. Pasar elektronik (e-marketplace)
Pasar ini merupakan pasar online dimana pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar produk, jasa, uang, atau informasi
2.2 Landasan Teori
Pada bab ini menjelaskan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan faktor pendukung program seperti aplikasi dreammaver
Alat-alat dan bahan
Tahap-tahap yang dilakukan untuk membuat website ini adalah :
3.1 Alat:
Komputer
Laptop
Browse
Flash disk
Pemikiran yang tinggi
3.2 Bahan:
CD
Microsoft word
Microsoft power point
Macromedia dreammaver
3.3 metode pengumpulan data
1. Mengumpulkan materi-materi E-Commerece
2. Melakukan Perancangan dan pembuatan situs, dengan membuat tampilan fasilitas dengan menggunakan teknik navigasi
3. Merancang tampilan halaman E-commerce
4. Mempersiapkan Hardware dan Software yang akan digunakan dalam pembuatan website E-Commerce
6. Pembuatan program
7. Implementasi
4. Hasil Dan Pembahasan
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ø eCommerce tidak dapat dilepaskan dari kerangka besar globalisasi dunia yang bertujuan melakukan efisiensi pasar.
Ø eCommerce secara efektif akan menjadi pemicu terjadinya efisiensi yang diinginkan diatas jika konvergensi industri komputer, telekomunikasi dan informasi telah mencapai tahapan optimal.
Ø eCommerce hanyalah komponen dari sebuah sistem yang terintegrasi.
B.S a r a n
Penyusunan makalah ini dapat dianggap cukup,namun masih diperlukan tambahan perbaikan – perbaikan untuk menghasilkan makalah yang lebih baik lagi dan lengkap.
Adapun saran dari penyusun adalah perlu adanya perbaikan – perbaikan tambahan dari pembaca untuk kesempurnaan dalam pembuatan makalah ini,selain itu pula hendaknya pembaca perlu mengetahui e-commerce serta mengimplementasikannya.
DAFTAR PUSTAKA
Google
www.wikipedia.com
Budi Rahardjo.E-COOMERCE DI INDONESIA
http://www.cert.or.id/~budi/articles/1999-02.
.http://www.lkht-fhui.com diakses 28 Maret 2007Roger Clarke.
Electronic Commerce Definitions
.http://www.anu.edu.au/people/Roger.Clarke/EC/ECDefns.html
Electronic Commerce
http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.docDiakses tanggal 28 Maret 2007

0 komentar:

Post a Comment

 
TOP