Home » » makalah HP UX

makalah HP UX

Written By Olan on Sunday, 2 January 2011 | 19:19

KATA PENGANTAR

Bismillahhirrahmanirrahim.

Dengan memanjatkan do'a dan puji syukur kehadirat Allah SWT serta sholawat serta salam tercurahkan ke junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul HP-UX.Adapun penulisan makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari segala pihak yang membantu terselesaikannya makalah ini.
Maka penulis mengucapkan terima kasih kepada:Dosen Pemimbing yang telah mempercayai kami.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan sumbangan pikiran, pendapat serta saran – saran yang berguna demi penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca.


Matang,22 Des 2010
daryani


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................... 1
A.Latar Belakang HP-UX............................................................. 1
B.Tujuan........................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN........................................................................... 2
A.Definisi HP-UX........................................................................... 2
B.Versi HP-UX............................................................................... 3
C.Job Description (Disskripsi Tugas) HP UX............................ 4
E.Skill Requeriment( Keteramppilan kebutuhan) HP UX....... 4
F.Keuntungan Lebih HP UX....................................................... 4

BAB III PENUTUP.................................................................................. 5
A.Kesimpulan................................................................................ 5
B.Saran........................................................................................... 5

DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 6







BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang HP-UX
Sejak diperkenalkannya sistem operasi HP-UX PA-RISC pada tahun 1986, HP telah mempertahankan sistem yang kuat sejak diperkenalkannya aset lainnya HP-UX PA-RISC tahun DI 1986, HP telah mempertahankan komitmen kuat untuk menyediakan sumber dan kompatibilitas biner dengan masing-masing update dari sistem operasi. komitmen untuk menyediakan sumber dan biner kompatibilitas terkait masih berlangsung New Artikel Dari update sistem operasi. Komitmen ini didasarkan pada tradisi memberikan kompatibilitas yang tanggal kembali kepada Perusahaan yang berbasis pengenalan AT Itu memberikan kompatibilitas Pengenalan Nama Tanggal Dilaporkan ke sistem operasi MPE dan HP 3000 lini produk pada tahun 1974. Dari sistem operasi dan 3000 tahun lini produk HP MPE DI 1974. Sebagai aplikasi telah tumbuh semakin lebih kompleks dan lebih tergantung pada perpustakaan pihak ketiga, memiliki Tumbuh Karena semakin banyak aplikasi yang kompleks dan lebih bergantung ON SIBOR Perpustakaan, konsep sumber dan kompatibilitas biner juga tumbuh lebih kompleks.

B.Tujuan
Untuk meningkatkan ilmu pendidikan komputer tentang HP-UX.
Memahami,mempelajari isi dari HP-ux.



BAB II
PEMBAHASAN

A.Definisi HP-UX
HP-UX (singkatan dari Hewlett-Packard Unix) adalah salah satu sistem operasi keluarga UNIX yang diimplementasikan oleh Hewlett-Packard yang banyak digunakan di komputer mainframe. HP-UX dibuat berdasarkan sistem UNIX System V (meski pada awalnya adalah UNIX System III). Sistem operasi ini berjalan di atas jajaran prosesor HP PA-RISC dan keluarga Intel Itanium (karena memang Intel dan Hewlett-Packard bekerja sama dalam mengembangkan Itanium), dan juga kemudian dapat berjalan di atas sistem Apollo/Domain. Sistem-sistem versi terdahulu bahkan dapat berjalan di atas komputer HP 9000 Series 200, 300 dan 400 yang menggunakan prosesor Motorola 68000 series, dan juga HP 9000 Series 500 yang menggunakan prosesor dengan arsitektur HP FOCUS.
HP-UX merupakan versi UNIX pertama yang menerapkan fungsi access control list untuk izin akses berkas dibandingkan dengan izin akses UNIX yang biasa digunakan. HP-UX juga merupakan salah satu sistem UNIX pertama yang mengintegrasikan Logical Volume Manager (LVM). HP juga memiliki kerjasama dengan VERITAS, sehingga mereka menggunakan sistem berkas VxFS sebagai sistem berkas utamanya. Meskipun demikian, karena berbagai sebab, sistem berkas yang digunakan sebagai perangkat booting tetap menggunakan Hi Performance File System (HFS).
Hingga rilis HP-UX 11i versi 2, sistem operasi ini dapat mendukung:
• 128 prosesor (dapat diperluas hingga 256 prosesor)
• 1 Terabyte memori utama
• 32 Terabyte maksimum ukuran sistem berkas
• 2 Terabyte ukuran berkas maksimum
B.Versi HP-UX
Versi HP-UX pertama adalah HP-UX 1.0 yang dibangun pada tahun 1983. Sistem operasi tersebut dibuat berbasiskan UNIX System III dan kemudian UNIX System V.
HP-UX pertama, yang ditujukan untuk sistem FOCUS (komputer HP seri 500) menggunakan kernel yang ditulis dengan menggunakan bahasa MODCAL (sebuah bahasa pemrograman Pascal yang dimodifikasi dengan tambahan pemrograman tingkat rendah). Pascal/Modcal pun menjadi bahasa utama untuk pengembangan sistem operasi HP pada awal dekade 1980-an hingga pertengahan 1980-an. Kernel ini pun diletakkan di atas level lebih rendah dibandingkan kernel yang disebut SUNOS (tidak ada korelasi dibandingkan dengan SunOS, sistem operasi UNIX milik Sun Microsystems) dan sistem berkas yang diemulasikan yang mirip dengan UFS yang berjalan di atas sistem berkas HP-peculiar, yang disebut Structured Directory Format. Pada komputer HP Seri 200 dan 300, HP-UX pada awalnya menggunakan sistem UNIX System III, sebelum kemudian menggunakan UNIX System V. ROM HP-UX untuk HP Integral PC memiliki dua versi, yakni versi 1.0 yang merupakan HP-UX yang berbasiskan UNIX System III dan versi 5.0 yang merupakan HP-UX yang berbasis UNIX System V.
HP pun kemudian merilis arsitektur RISC miliknya, yang disebut sebagai HP Precission Architecture Reduced Instruction Set Computing (disingkat PA-RISC) pada semester kedua tahun 1986, dan digunakan pada dua buah jajaran komputer, yakni HP3000 series 930 (yang memiliki persamaan dengan HP 9000 series 840) dan HP3000 series 950 (yang memiliki persamaan dengan HP9000 8xx). Tidak seperti sistem-sistem PA-RISC yang terbaru, pada 3000/930 dan 9000/840, prosesor PA-RISC disebarluaskan melalui beberapa papan Transistor-to-Transistor Logic (TTL).Pada waktu itu, HP tidak memiliki jumlah perangkat keras yang mencukupi untuk dikirimkan kepada pengguna, tapi memiliki beberapa perangkat keras yang diinstal dalam beberapa tempat pengembangan pihak ketiga.HP-UX adalah nama brand milik Hewlett-Packard untuk Unix operating system mereka. HP-UX adalah Unix Pertama yang menggunakan access control list untuk file access permission daripada standar unix permissions system. ia juga di antara sistem unix pertama yang built-in logical volume manager-nya turunan dari veritas volume manager (VVM). HP telah berpartner erat dengan veritas dan menggunakan VxFS sebagai primary file system.
C.Job Description (Disskripsi Tugas) HP UX:
Bertanggung Jawab terhadap administrasi dan support untuk unix operating system-nya HP. Ia juga bertanggung jawab untuk mendukung secara teknis dalam perencanaan, koordinasi, pemrograman, dan implementasi release, upgrade, atau perubahan pada software di unix operating system.

Ia menjamin kestabilan performance untuk lingkungan unix melalui monitoring kinerja dan tuning. ia juga melakukan pemeliharaan untuk middleware software maupun teknologi yang diinstal di lingkungan tersebut. Melakukan perencanaan kapasitas, workload modeling, prediksi, memastikan pemeliharaan sistem Unix dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem tersebut, termasuk pula dukungan terhadap database(RDBMS) yang berjalan di lingkungan tersebut.

E.Skill Requeriment( Keteramppilan kebutuhan) HP UX:
- yang terutama adalah instalasi, mengkonfigurasi, implementasi dan pemeliharaan unix
operating system (HP/UX ,Solaris dan Linux).
-Menjaga Performance dan tuning, capacity Planning, System support, dan lain-lain.





F.Keuntungan Lebih HP UX:

-OS Software : Berpengalaman dengan sistem oeprasi Unix/Windows (i.e. HP-UX, Solaris, WIndows), termasuk Paging dan swapping, interprocess communication, service drivers
tools, file system concepts dan faciliies.
-Berpengalaman troubleshooting untuk lingkungan multiple operating system, karena
kemungkinan terdapat beberapa sistem operasi.
-Berpengalaman dan mempunyai pengetahuan UNIX shell scripts, SQL, APls (misal, ODBC), Network protocols (midal TCP/IP), dan GUI Interface.





















BABIII
PENUTUP

A.Kesimpulan
HP-UX (singkatan dari Hewlett-Packard Unix) adalah salah satu sistem operasi keluarga UNIX yang diimplementasikan oleh Hewlett-Packard yang banyak digunakan di komputer mainframe. HP-UX dibuat berdasarkan sistem UNIX System V (meski pada awalnya adalah UNIX System III). Sistem operasi ini berjalan di atas jajaran prosesor HP PA-RISC dan keluarga Intel Itanium (karena memang Intel dan Hewlett-Packard bekerja sama dalam mengembangkan Itanium), dan juga kemudian dapat berjalan di atas sistem Apollo/Domain. Sistem-sistem versi terdahulu bahkan dapat berjalan di atas komputer HP 9000 Series 200, 300 dan 400 yang menggunakan prosesor Motorola 68000 series, dan juga HP 9000 Series 500 yang menggunakan prosesor dengan arsitektur HP FOCUS.
Versi HP-UX pertama adalah HP-UX 1.0 yang dibangun pada tahun 1983. Sistem operasi tersebut dibuat berbasiskan UNIX System III dan kemudian UNIX System V.
B.Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi
DAFTAR PUSTAKA
http://www.kedaisoftware.comSumber : http://ilmukomputer.com
www.Pengertian Software.com
softwareinstalasi.blogspot.com
http://www.anneahira.com/komputer/software-komputer.htm
http://www.cs.ucl.ac.uk/teaching/syllabus/ug/1b12.htm
http://www.softpedia.com
http://www.brothersoft.com
http://website PPI India: +
http://www.ppi-india.uni.cc/BUKA/halaman.php?ArtID=313
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2014. Olan Arsyad