Loading...
Saturday 1 January 2011

makalah ubuntu











KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi atas bimbingan dan motivasinya.
Teknologi Informasi adalah salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim yang lulusannya diharapkan menjadi pendidik yang profesional dibidangnya.. Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah mata kuliah yang sangat perlu dikembangkan mengingat begitu besar peranannya dalam pendidikan, khususnya pada pembelajaran disekolah dengan menggunakan media.
Penulis menyadari akan kekurangan dalam penysunan makalah ini. Karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.


Matang, 1 Januari 2011


Penyusun






BAB I
PENDAHULUAN



A.Latar belakang Pengenalan Ubuntu

merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek .Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.



B. Filosofi Ubuntu

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
•bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
•bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
•bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah
perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang kita butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi kita juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak kita sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang kita inginkan. Xubuntu awalnya direncanakan dirilis bersama Ubuntu Breezy Badger (5.10), namun tidak jadi, walau nama Xubuntu (xubuntu-desktop) dipakai oleh sebuah paket untuk menginstal Xfce desktop di Ubuntu. Rilis resmi pertama Xubuntu, yang pengembangannnya dipimpin oleh Jani Monoses, pada tanggal 1 Juni 2006, seiring peluncuran Ubuntu 6.06 line (bersama dan Edubuntu) dengan nama sandi Dapper Drake, selanjutnya yaitu Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Dan versi yang terakhir adalah Ubuntu 10.10
Maverick Meerkat yang dirilis pada tanggal 10 bulan 10 tahun dua ribu 10 jam 10 pada menit ke 10 waktu setempat.. Pada bulan Oktober 2007, Monoses mengumumkan pengunduran
dirinya sebagai pimpinan proyek dan ia digantikan oleh Lionel Le Folgoc. Folgoc memimpin proyek tersebut sampai Maret 2008 sampai digantikan oleh Cody A.W. Somerville. Somerville mengembangkan strategi terperinci untuk proyek Xubuntu berjudul "Xubuntu Strategy Document".








C. Rilis

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager
sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja

Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective(kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). MisalnyaHardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) danher on (sejenis burung). Xubuntu dirilis setahun dua kali, mengikuti pola rilis Ubuntu. Xubuntu menggunakan nomor versi dan nama kode yang sama dengan Ubuntu, memakai tahun dan bulan rilis sebagai nomor versi. Contohnya, rilis pertama Xubuntu dinamakan versi 6.06, artinya dikeluarkan pada bulan Juni tahun 2006. Rilis-rilis Xubuntu juga mempunyai nama kode (code name), memakai satu kata sifat dan satu nama binatang yang sama huruf awal keduanya, contohnya: "Dapper Drake" dan "Intrepid Ibex".
Nama-nama kode ini sama dengan nama kode Ubuntu yang menjadi basisnya. Nama kode
Xubuntu (dan keluarga Ubuntu lainnya) berurutan secara alfabetis, sehingga orang dapat cepat mengetahui rilis mana yang lebih baru, akan tetapi tidak ada rilis yang memakai nama kode berhuruf awal "A" atau "C"


























BAB II
PEMBAHASAN



A. Tahapan Peluncuran Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

• Dilansir melaluiSoftped ia, Rabu (7/4/2010), peluncuran sistem operasi terbaru Ubuntu 10.10 telah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu. Dalam beberapa berita yang tersebar di internet, jadwal yang dirilis memang masih simpang siur.
• Tahun lalu, tepatnya September, tahapan sistem operasi Ubuntu hanya mencakup tiga versi Alpha dan dua kali beta.
• Kini, tahapan tersebut berubah menjadi empat kali rilis Alpha dan satu kali rilis beta, sebelum akhirnya benar-benar diluncurkan versi finalnya.
• Untuk rilis Alpha 1, Maverick Meerkat baru akan diluncurkan pada 3 Juni 2010. Sedangkan Alpha kedua dirilis pada 1 Juli 2010. Untuk Alpha seri 3 dan 4 masing-masing akan diluncurkan pada 5 Agustus dan 2 September.
• Rilis versi Beta sendiri akan diluncurkan pada 23 September. Sedangkan versi Release Candidate (RC) berlangsung pada 21 Oktober, sampai akhirnya versi Final dari Maverick Meerkat ini pada tanggal 28 Oktober.


B. Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

Para pengguna Ubuntu, setelah tiga versi Alpha, satu beta dan satu versi rilis kandidat , akhirnya Canonical mengumumkan bahwa Ubuntu 10.10 telah dirilis, pada tanggal 10 Oktober, dan sudah tersedia di mirror di seluruh dunia.



Rilis baru ini dinamai Maverick Meerkat. Semuanya dimulai pada tanggal 2 April 2010, ketika Mark Shuttleworth mengumumkan Maverick Meerkat akan menjadi sistem operasi rilis utama berikutnya dari OS Ubuntu yang popular . Ubuntu 10.10 juga merupakan rilis tiga belas dari OS Ubuntu dan itu akan didukung selama 18 bulan pada kedua desktop dan server.
Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) menggunakan komponen OS berikut:
oLingkungan desktop GNOME 2.32.0 desktop environment;
oLinux kernel 2.6.35.3;
oNouveau video driver;
oX. Org 7.5;
oServer Xorg 1.9.0;


 Fitur Baru Ubuntu 10.10

Fitur-fitur Ubuntu 10.10 yaitu :
oInstaller yang Totally dirubah – lebih mudah digunakan, dandisederhanakan;
o17 wallpaper baru – dari berbagai fotografer di seluruh dunia;
oMeningkatnya default tema – tema Ambiance default telah dirubah dantampak luar biasa;
oFont baru yang mengagumkan – font default telah diganti dengan yangbaru yang indah.
oUbuntu One untuk Android dan iPhone – itu akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah sinkronisasi seluruh koleksi musik mereka ke sebuah smartphone Android atau perangkat 4 IOS dari Apple;
oOneConf – memungkinkan pengguna untuk sinkronisasi instalasi dengan mudah pada beberapa mesin, melalui Ubuntu Software Center;
oRevamped Ubuntu Software Center – menawarkan deskripsi yang lebih baik, apa bagian baru dan tambahan lainnya;
oDukungan untuk aplikasi komersial – anda akan dapat membeli aplikasi, melalui Ubuntu Software Center;
oMeningkatnya aplikasi Kalkulator – gcalctool telah benar-benar dirubah dan memiliki fitur canggih;
oRevamped Applet Indikator – Volume Applet kontrol mendukung Rhythmbox sekarang;
oPeningkatan Computer Janitor app – sekarang lebih pintar dan lebih cepat dari sebelumnya;
oDukungan untuk gerakan dengan multi-touch – dukungan untuk gerakan, dengan multi touch adalah mungkin melalui 1,0 isyarat uTouch Ubuntu dan multi-touch stack;












 Aksesoris :

•Calculator 5.32.0 (sebuah kalkulator aritmatika, ilmiah atau keuangan);
•Character Map 2.32.0 (untuk memasukkan karakter khusus ke dalam dokumen);
•Baobab 2.31.1 (analisa penggunaan disk);
•Search for Files (aplikasi default sistem pencarian);
•Gnome Screenshot 2.32.0 (menyimpan gambar dari desktop atau jendela individu);
•Gnome Terminal 2.32.0 (anda dapat menggunakan command-line);
•Gedit 2.30.3 (editor teks kecil dan ringan dengan spell-checker intuitif);
•Tomboy 1.4.0 (aplikasi pencatat desktop).


 Grafik :

•Shotwell 0.7.2 (foto manajer, editor dan importir RAW);
•OpenOffice.org Drawing 3.2.1 (gambar, logo, editor dan pembuatan diagram)
•Simple Scan 2.32.0 (scan, copy dan fax gambar).


 Internet :

•Empathy 2.32.0 (IM multi-protocol);
•Evolution Mail 2.30.3 (e-mail client);
•Firefox 3.6.10 (web browser yang populer);
•Gwibber 2.32.0.1 (Microblogging);
•Vinagre 2.30.2 (remote desktop viewer);
•Terminal Server Client 0.150 (rdesktop, vncviewer, wfica, frontend Xnest);
•Transmission 2.04 (BitTorrent client yang ringan).


 Perkantoran :

•Dictionary 2.31.1 (alat untuk mencari definisi kata dan ejaan di kamus online);
•Evolution Mail and Calendar 2.30.3 (e-mail client);
•OpenOffice.org Suite 3.2.1 (spreadsheet, presentasi dan pengolah kata).


 Sound dan Video :

•Brasero 2.32.0 (aplikasi pembakar CD/DVD);
•Totem 2.32.0 (pemutar DVD-Video, DivX, XviD, WMV, MOV);
•PiTiVi 0.13.5 (editor dan pembuat film);
•Rhythmbox 0.13.1 (Last.fm, radio dan pemutar musik);
•Sound Recorder 2.31.6 (alat perekam audio).







 Utilitas Administrasi Sistem :

• Janitor 2.0.4 (alat untu menghapus file-file usang danmembersihkan sistem anda);
•Palimpsest Disk Utility 2.30.1 (disk drive manajemen dan utilitas konfigurasi);
•Synaptic Package Manager 0.63.1 (install, hapus dan upgrade paket software);
•Ubuntu Software Center 3.0.4 (software installer/updater tool). •


 Janji-janji kunci dari Ubuntu adalah :

Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise". Ubuntu menyertakan yang terbaik dalam terjemahan dan prasarana aksesibilitas bahwa komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Ubuntu berguna bagi banyak orang
mungkin. Ubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis baru dibuat setiap enam bulan. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan. Ubuntu berkomitmen penuh pada prinsip pengembangan perangkat lunak open source; kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu menyebarkannya.





BAB III
PENUTUP



A.Kesimpulan

Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise”. Ubuntu menyertakan yang terbaik dalam terjemahan dan prasarana aksesibilitas bahwa komunitas perangkat lunak bebas telah tawarkan, untuk membuat Ubuntu berguna bagi banyak orang mungkin. Ubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; rilis baru dibuat setiap enam bulan. Kita dapat menggunakan rilis stabil yang ada atau rilis pengembangan saat ini. Setiap rilis didukung selama sekurangnya 18 bulan. Ubuntu berkomitmen penuh pada prinsip pengembangan perangkat lunak open source; Ubuntu adalah komunitas dikembangkan sistem operasi yang cocok untuk laptop, desktop dan server.Ubuntu berisi semua aplikasi yang pernah kita butuhkan


B.S a r a n
Penyusunan makalah ini dapat dianggap cukup,namun masih diperlukan tambahan perbaikan – perbaikan untuk menghasilkan makalah yang lebih baik lagi dan lengkap.
Adapun saran dari penyusun adalah perlu adanya perbaikan – perbaikan tambahan dari pembaca untuk kesempurnaan dalam pembuatan makalah ini,selain itu pula hendaknya pembaca perlu mengetahui ubuntu serta mengimplementasikannya.



DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu#Filosofi
https://help.ubuntu.com/10.10/installation-guide/
https://help.ubuntu.com/10.10/newtoubuntu/C/welcome.html
http://www.scribd.com/doc/25168872/Server-Guide
http://www.gudanglinux.info/info/software-news/distro-news/589-maverick-
meerkat-ubuntu-1010-serba-ringan.html
http://www.gudanglinux.info/info/software-news/distro-news/645-maverick-
meerkat-menyongsong-qthe-perfect-10q.html
http://techno.okezone.com/read/2010/04/06/325/319917/tahapan-peluncuran-
ubuntu-10-10
http://bojalinuxer.blogspot.com/2010/10/download-ubuntu-1010-maverick-
meerkat.html









0 komentar:

Post a Comment

 
TOP