Loading...
Sunday 26 January 2014

Makalah Wifi



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
            Kita sekarang berada pada zaman perubahan. Berbagai evolusi teknologi komunikasi dan maklumat (ICT) telah tumbuh bagaikan cendawan setelah hujan.Kemunculan komputer dalam bentuk mesin tipe pintar dan interaktif,kerangka utama, komputer mini dan komputer pribadi diikuti dengan komponen-komponen canggih dari segi aplikasi, multimedia/animasi, reka bentuk web portal/vortal/web-publisher , grafik, pangkalan data dan aplikasi industri ERP/MRP,teknikal, kejuruteraan, berbagai sistem pengoprasian dan sebagainya.Selain itu, dengan bantuan teknologi jaringan LAN, WAN - wireless,Arpanet, Intranet dan Internet, peer-to-peer net work dan lain-lain juga telah banyak meninggalkan banyak dampak positif kepada dunia ICT.Muncul pula intergrasi elemen-elemen telekomunikasi telah menyebabkanterciptanya telepon bimbit berbagai fungsi/sistem PDA, e-mail/chat/telepon internet(dan SMS), Konsep Pejabat Pintar (SOHO), WAP, dan GPRS dan akhirnya SistemJalur Lebar atau lebih dikenali sebagai Broadband yang menyebabkan terbitnya pulaTelepon Bersuara berasaskan IP (VOIP) dan lain-lain jenis yang terlalu banyak di pasaran.Teknologi satelit/komunikasi juga tidak kurang memberikan lebih sumbangan bernilai tambah kepada dunia ICT sehingga mampu menggabungkan pula elemen-elemen penyiaran digital menerusi radio dan TV, Sistem Pemusatan Global (GPS) Sistem Maklumat Geografik (GIS), telepon satelit, VSAT/Gelombang µC¶,
Cell  Broadcast  dan lain-lain meneruskan cara yang kita tidak pernah pikirkan dulu.Dari segi komersil, industri ICT dari sektor pembuatan aksesori/perkakasankomputer sehingga penyelesaian sistem dan lain-lain telah memanfaatkan e-dagangdan B2B/B2C dan lain-lain secara maksimal pada tahap teratas, tahap kedua dantahap ketiga.Pendek kata, sebagai manusia yang memiliki kemampuan untuk  berkreativitas, kita diharuskan memajukkan dunia ini dengan teknologi yang majudan berkembang.

1.2. Maksud dan Tujuan
            Maksud dan tujuan dari pembuatan makalah ini adalah Untuk memenuhi penilaian tugas Agar kita dapat memiliki gambaran-gambaran mengenai topik yang telahdipilih yaitu Wi-Fi, dan membuat mahasiswa lainnya dapat menambah ilmumengenai Wi-Fi.


1.3. Ruang Lingkup Permasalahan
            Pembahasan makalah ini melingkupi pengertian, tujuan Wi-Fi, cara kerja, komersial Wi-Fi, kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan kerugianmenggunakan Wi-Fi, keamanan Wi-Fi, akses untuk Wi-Fi, masa depan Wi-Fidan cara menghubungkan Wi-Fi dengan PC.

1.4. Sistematika Penulisan
            Sistematika penulisan yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah :
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam bab I, penulis membahas mengenai latar belakang, maksud dantujuan, ruang lingkup pembahasan, dan sistematika penulisan.

 BAB II. PEMBAHASAN
            Dalam bab II, penulis membahas pengertian, tujuan Wi-Fi, cara kerja,komersial Wi-Fi, kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan kerugianmenggunakan Wi-Fi, keamanan Wi-Fi, akses untuk Wi-Fi, masa depan Wi-Fi dan cara menghubungkan Wi-Fi dengan PC.BAB III. KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab III, penulis membahas tentang kesimpulan dunia Wi-Fimenurut penulis dan saran bagi para pembaca.


















BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Wi-Fi
            (Wireless Fidelity)adalah sekumpulan standar yang mempunyai spesifikasi IEEE 802.11 yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel. Saat ini Wi-Fi banyak digunakan untuk mengakses ke internet dengan menggunakan access point(hotspot) melalui komputer dan PDA(Pocket Digital Assistance)yang terhubungdengan kartu nirkabel. Sekarang ini spesifikasi 802.11 mempunyai 4 tipe yaitu:802.11a, 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Yang membedakan keempat tipe ini adalahluas jangkauan dan kecepatan transfernya. Di beberapa negara, pengguna Wi-Fi tidak  perlu mendapatkan izin dari pengaturan lokal untuk mendapatkan frekuensi Wi-Fi.Wi-Fi tidak hanya dapat bekerja dalam jaringan WLAN tetapi dapat juga bekerja di jaringan WMAN(Wireless Metropolitan Area Net work)atau disebut juga Wi-Maxyang mempunyai standar 802.16. Biasanya 802.11a dan 802.16 bekerja di frekuensi 5GHz sedangkan 802.11b hanya digunakan di frekuensi 2,4 GHz.Wi-Fi adalah merek yang dilisensi oleh Wi-Fi alliance untuk produksi yanglulus demonstrasi tes yang mereka implementasikan dalam satu set kemampuanstandard produk untuk wireless local area network didasari oleh spesifikasi IEEE802.01. standard baru dari spesifikasi 802.11,seperti 802.16(WIMAX),

2.2. Tujuan Wi-Fi
            Wi-Fi memiliki tujuan untuk digunakan pada peralatan mobile dan LAN,tetapi pada saat ini lebih sering digunakan untuk akses internet. Hal inimemungkinkan seseorang dengan komputer wireless atau PDA untuk mengakses internet didalam jangkauan akses point.Suatu wilayah geografi yang tercover olehsatu atau beberapa akses point disebut hotspot.
2.3. Cara Kerja Wi-Fi
            Setup Wi-Fi pada umumnya mengandung 1 atau lebih akses point dan 1 ataulebih client. Akses point menyebarluaskan SSID Servis Set Identifier, Net work  Name)nya melalui paket-paket yang disebut beacon, yang disebarluaskan setiap100ms. Beacons itu ditransmisikan dengan kecepatan 1 mbits/s, dan itu relative pendek, oleh karena itu juga bukan performance yang baik.Dengan adanya 1 mbits/smerupakan rate yang terendah dari Wi-Fi, hal ini menjamin client yang menerima beacon dapat berkomunikasi paling sedikit 1 mbits/s. Didasari oleh setting (misalnya: SSID), client itu dapat menentukan untuk terhubung dengan akses point yang manasaja. Firmware yang berjalan dengan kartu Wi-Fi dari client sangatlah baik.Katakanlah dua akses point dr SSID yang sama berada dalam jangkauan client,firmware dapat mengambil keputusan kepada akses point yang mana dari keduanyadia akan terhubung didasari oleh kekuatan sinyal. Standard Wi-Fi tidak memperhatikan kriteria koneksi dan roaming secara total terbuka kepada client. Inilahkekuatan Wi-Fi, tetapi hal ini juga memungkinkan kebanyakan suatu adapter wirelessmemiliki performance yang lebih baik daripada yang lainnya.Sejak windows XP, sudah ditemukan zero configuration yang memungkinkan para pengguna untuk melihat berbagai network yang dan memungkinkan penggunaitu untuk terhubung kepada network yang diinginkan. Dimasa depan kartu wireless dapat menjadi lebih dan lebih lagi terkontrol oleh sistem operasi. Penemuan terbarumicrosoft yang disebut dengan softMAC dapat mengambil alih dari on-boardfirmware. Telah dikatakan, kriteria roaming akan terkontrol secara total oleh sistemoperasi. Wi-Fi ditransmisikan di udara, memiliki properti yang sama seperti non-switch ethernet network. Meskipun masalah-masalah tetap dapat terjadi pada non-switch ethernet LAN.
2.4. Komersial Wi-Fi
            Di Indonesia, Penggunaan Internet berbasis Wi-Fi sudah tidak asing lagi. Di berbagai Kafe-Kafe dan tempat-tempat umum lainnya banyak yang sudah memasanghotspot seperti di Kafe Starbucks, La Moda Cafe, Coffee Club dan lain-lain. Bisnistelepon berbasis VoIP(Voice over Internet Protocol)juga telah menggunakan Wi-Fiyang biasanya disebut VoWi-Fi(Voice over Wi-Fi).Standar teknis beberapa waktulalu menemukan kreasi terbaru IEEE yang mampu mendukung pengoperasianlayanan video streaming. Bahkan dapat dibuat kartu berbasis Wi-Fi yang mampudisisipkan ke dalam peralatan elektronik mulai dari kamera digital sampai consolesvideo game.Komersial layanan Wi-Fi dapat digunakan seperti Internet cafe, tempat untuk minum kopi, dan bandara di seluruh dunia (biasa disebut Wi-Fi-cafes), meskipun coverage adalah tambalan dari perbandingan dengan selular: Ozon dan ozone Paris di Perancis, September 2003, Ozone mulaimenyebarkan jaringan Ozone Paris dengan jarak lintas dari kota denganlampu. Objektifnya : untuk membangun sebuah jaringan wirelessmetropolitan dengan Wi-Fi penuh coverage dari Paris. Ozone dapatmenembus jaringan filosofi dasar di sebuah skala nasional. Teknologi wise menyediakan hotspot komersial untuk bandara, universitas,dan cafe yang independen di US. T-mobile menyediakan hotspot di banyak starbucks di US dan UK Pacific Century Cyberworks menyediakan hotspot di toko pasifik kopi diHongkong, Sebuah Columbia RuralElectric Association memiliki cabang lebih dari 2.4GHz pelayanan Wi-Fi menyebrangi 3,700 mi2(9,500 km2) daerahdalamWallaWalladan Colombia di Washington dan negeri Utatilla, Oregon Provider Hotspot besarlainnya di US meliputi Boingo, Wayportdani Pass Sifi sebuah provider layanan internet India, sudah mengadakan 120 akses wireless di Bangalore, India di hotel, mall, dan kantor pemerintahan Vex melebihi sebah jaringan besar dari hotspot dengan penyebaran lebih dariBrazil.Telefonica Speedy Wi-Fi sudah memulai layanan baru dan majudengan jaringan distribusi lebih dari kota Sao Paulo BT Openzone menyediakan banyak hotspot melintasi United Kingdom, yang utama restoran McDonalds, dan mempunyai persetujuan roaming dengan T-Mobile UK dan ReadyToSurf. Konsumen mereka juga dapat mengakses hotspots managemen oleh The Cloud Netstop menyediakan hotspot di New Zealand.

2.5. Kelebihan Wi-Fi
            Pada saat-saat ini Wi-Fi memberikan beberapa keunggulan. Salah satu yang paling menonjol adalah kemudahan untuk mengaksesnya. Dengan membawa PDA(Pocket Digital Assistance) atau komputer/laptop yang berkemampuan Wi-Fi dapatmengakses internet di tempat yang terdapat access point atau hotspot dan para pengguna dapat menggunakan secara bersamaan tanpa diperlukan kabel. Dan keunggulan lainnya adalah biaya pembangunannya yang relatif murah. Karenakeunggulan-keunggulan inilah yang mendorong Internet Service Providers (ISP)membangun hotspot di kota-kota besar. Pengamat-pengamat telah memprediksikan pada tahun 2006 akan terdapat hotspot sebanyak 800.000 di Eropa, 530.000 di ASdan 1.000.000 hotspot di negara Asia.Berikut adalah kelebihan-kelebihan lainnya dari Wi-Fi :Membolehkan LANs untuk menyebarkan tanpa kabel, mengurangi kekuatandari harga jaringan perluasan dan penyebaran. Tempat dimana kabel tidak dapat dijalankan, seperti tempat terbuka dan sejarah gedung, dapat hostwireless LANs. Produk Wi-Fi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan. Jaringan Wi-Fi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client stationseperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnyaseperti pengguna pindah disekeliling sebuah gedung atau area.  Wi-Fi adalah global set dari standar. Tidak seperti selular carries, Wi-Fi client bekerja di kota yang berbeda diseluruh dunia.

2.6. Kekurangan Wi-Fi
            Kekurangan Wi-Fi hanya infrastruktur, Wi-Fi hanya bisa di akses di tempat-tempat tertentu saja. Untuk di Indonesia, infrastuktur Wi-Fi sepertinya dihalangi oleh birokrasi. Banyak pihak-pihak yang akan mengalami kerugian besar apabila infrastruktur Wi-Fi dibangun meluas.





2.7. Keuntungan Menggunakan Wi-Fi
            Dengan menggunakan fasilitas Wi-Fi, perusahaan-perusahaan menengah dan besar dapat meningkatkan efektifitas dalam memperoleh data-data terkini denganmenggunakan akses internet. Fasilitas Wi-Fi juga menawarkan efisiensi dalamkemudahan komunikasi antar departemen-departemen di dalam sebuah perusahaan,walaupun harga yang ditawarkan tidaklah murah. Keuntungan lainnya adalah Wi-Fimenawarkan konsep fleksibilitas. Sebagai contoh, seseorang yang sedang berada dikedai kopi ataupun di airport dapat mengerjakan tugas nya dengan menggunakanakses Wi-Fi. Sebagai tambahan, pengguna Wi-Fi juga dapat mengadakan µmeeting¶dengan para karyawan-karyawannya di sebuah perusahaan melalui internet.
2.8. Kerugian Menggunakan Wi-Fi
            Salah satu kerugian dalam menggunakan Wi-Fi adalah biaya yang sangatmahal dalam menginstalasi akses point untuk Wi-Fi atau juga disebut Hot Spot.Biaya-biaya untuk memasang komponen-komponen Wi-Fi adalah tiga atau empatkali lebih mahal daripada instalasi wired LAN.
2.9. Keamanan Pada Wi-Fi
            Perusahaan-perusahaan pada umumnya menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk melindungi akses mereka dalam menggunakan fasilitas Wi-Fi
VPN dapat membuat sebuah terowongan virtual yang aman antara komputer-komputer karyawan dan server perusahaan. Dengan menggunakan VPN, akses internet melalui Wi-Fi dibatasi dan diamankan.Selain menggunakan VPN, Wi-Fi juga sudah menyediakan fasilitas keamanan berupa Remote Access Dial-Up User Service (Radius). Secara sederhana, Radiushanya meminta username dan password untuk memperoleh akses ke internet.Selain VPN dan Radius, ada cara lain yang lebih sederhana untuk meningkatkankeamanan dalam Wi-Fi, yaitu dengan menggunakan Firewall. Firewall mencegah akses dari luar untuk masuk kedalam jaringan.

2.10. Akses untuk Wi-Fi
Seperti telah disebutkan diatas, Wi-Fi dapat diakes dengan menggunakanWEP (Wireless Equivalent Privacy) di 802.11. WEP bekerja dengan menterjemahkan(encrypting) data-data yang diterima oleh Wi-Fi card dan akses point Wi-Fi. Akses point Wi-Fi merupakan sebuah peranti keras ataupun lunak (hardware atau software)yang bertindak sebagai alat penghubung ke wired Local Area Network (LAN). Wi-Fisementara bisa diakses dengan menggunakan WEP pada 802.11b dan 802.11g padaumumnya. Kecepatan transfer data yang ditawarkan oleh 802.11g adalah lima kalilebih besar daripada 802.11b.

2.11. Masa Depan Wi-Fi
            Teknologi Wi-Fi direncanakan akan dipasang di berbagai macam alat-alatelektronik, seperti telepon selular, PDA, Notebook, dan sebagainya.Denganadanyafasilitasini, banyak yang bisakitalakukanwalaupunkitasedang di rumah,tempat umum, ataupun di bandara.Informasi informas iterkini dapat diperoleh dengan cepat dimanapun kita berada.Sebagai tambahan,teknologi ini juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan- perusahaan menengah atau pun besar.
 2.12. Cara Menghubungan Wi-Fi dengan PC
             Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada 2 cara menghubungkan antar PCdengan sistem Wireless yaitu Adhoc dimana 1 PC terhubung dengan 1 PC dengansaling terhubung berdasarkan nama SSID (Service Set IDentifier). SSID sendiri tidak lain nama sebuah komputer yang memiliki card, USB atau perangkat wireless danmasing masing perangkat harus diberikan sebuah nama tersendiri sebagai identitas Sistem Adhoc adalah sistem peer to peer, dalam arti satu komputer dihubungkan ke 1 komputer dengan saling mengenal SSID. Bila digambarkanmungkin lebih mudah membayangkan sistem direct connection dari 1 komputer ke 1komputer lainnya dengan mengunakan Twist pair cable tanpa perangkat HUB.Jadi terdapat 2 komputer dengan perangkat Wi-Fi dapat langsung berhubungan tanpa alat yang disebut access point mode. Pada sistem Adhoc tidak lagimengenal sistem central (yang biasanya difungsikan pada Access Point). SistemAdhoc hanya memerlukan 1 buah komputer yang memiliki nama SSID atausederhananya nama sebuah network pada sebuah card/komputer.Dapat juga menggunakan MAC address dengan sistem BSSID (Basic ServiceSet IDentifier - cara ini tidak umum digunakan), untuk mengenal sebuah namakomputer secara langsung. Mac Address umumnya sudah diberikan tanda atau nomor khusus tersendiri dari masing masing card atau perangkat network termasuk network wireless. Sistem Adhoc menguntungkan untuk pemakaian sementara misalnyahubungan network antara 2 komputer walaupun disekitarnya terdapat sebuah alatAccess Point yang sedang bekerja.SSID adalahnamasebuah network card atau USB card atau PCI card atauRouter Wireless. SSID hanyalah sebuah nama untuk memberikan tanda dimana namasebuah perangkat berada. BSSID adalah nama lain dari SSID, SSID diberikan oleh pemakai misalnya "pcsaya" pada komputer yang sedang digunakan dan komputer lainnya dibuatkan nama "pckamu". Sedangkan BSSID mengunakan basis MACaddress. Jangan terlalu bingung dengan istilah baru tersebut. Bila sebuah koneksiwireless ingin saling berhubungan, keduanya harus mengunakan setup Adhoc.





BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
            Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa bisnis dan kuantitas pengguna Wi-Ficenderung meningkat yang berdampak positif pada perekonomian suatu negara,termasuk Indonesia. Pemerintah menyikapi fenomena ini secara bijak dan hati-hati.Pasalnya, pengguna dalam suatu area baru dapat menggunakan sistem Internet Nirkabel dengan optimal apabila semua perangkat yang digunakan dalam areatersebut mempunyai daya pancar yang seragam dan terbatas. Apabila prasyarat tersebut diabaikan maka dapat dipastikan akan terjadi harmful interference antar  perangkat pengguna internet dan juga perangkat sistem telekomunikasi lainnya yangakan membuat jalur frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz tidak dapat dimanfaatkan secaraoptimal. Keterbatasan lain dari kedua jalur frekuensi ini (terutama 2,4 GHz) adalah digunakannya untuk keperluan ISM (industrial, science, and medical).Konsekuensinya, para pengguna komunikasi radio dan perangkat telekomunikasi lainnya yang bekerja pada pita frekuensi harus siap menerima gangguan dari perangkat ISM. Karena keterbatasan dan dampak yang dapat timbul dari penggunaan kedua jalur frekuensi tersebut maka berbagai negara menetapkan regulasi yang membatasi daya pancar perangkat yang digunakan.
3.2. Saran
            Penulis memberi saran agar kita harusnya menggunakan Wi-Fi karenamempunyai kelebihan-kelebihan yang lebih banyak dibandingkan alat-alat lainnya.Meskipun Wi-Fi ini mempunyai kekurangan tetapi kekurangannya dapat diatasi dengan salah satunya dengan semakin memperluas jaringan Wi-Fi dan memperbagus infrastuktur Wi-Fi. Semoga makalah ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan mudah-mudahan dapat berguna bagi para pembacanya










Daftar Pustaka
·         NetworkWorld, “Wi-Fi Direct allows device-to-device links”, Oktober 2009, [http://www.networkworld.com/news/2009/101409-wi-fi-direct.html?hpg1=bn]
·         Wi-Fi.org. “Enabling the Future of Wi-Fi Public Access”. Agustus 2007. [http://www.wi-fi.org/white_papers/whitepaper-010204-wifipublicaccess/]
  • . Anonymous.(2008).”Topologi WiFi,”. http://www.ittelkom.ac.id/
  • Jaringan WI-FI. Bandung: Informatika Bandung. 2. Sofana, Iwan. 2008. Membangun Jaringan Komputer. Bandung:










0 komentar:

Post a Comment

 
TOP